Contact us on (0322) 322356

Detail

Dosen MSU Malaysia mengisi Guest Lecture Bahas Statistik di UMLA

Example blog post alt

Universitas Muhammadiyah Lamongan populer disebut UMLA mengundang dosen Management and Science University (MSU) Malaysia untuk mengisi kuliah tamu (13/7) kemarin. Hadirnya dosen MSU Malaysia tersebut disampaikan Kepala Kantor Urusan Internasional UMLA, Nurhidayati, M.Kep.

Menurut Nurhidayati dosen tamu dimaksud bernama Dr. Safaa Najah Saud Al-Humairi, untuk membahas topik kuliah Statistical Aplications for Scientific Research and Education atau secara umum tentang implementasi statistic dalam riset (penelitian) ilmiah.

Peserta yang hadir dalam kuliah tamu tersebut dari Fakultas Science Teknologi dan Pendidikan dari Prodi S1 Teknik Komputer, S1 Biologi, S1 Fisika, dan S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

UMLA Hadirkan Guest Lecture Dosen MSU Malaysia Bahas Statistik 1

Meskipun kuliah tamu dilaksanakan virtual mahasiswa UMLA tetap antusias dengan bertanya tentang dasar-dasar statistik untuk penelitian.

Terkait dengan topiknya, lanjut Nurhidayati kuliah tamu membahas tentang dasar-dasar penggunaan statistik dalam penelitian. Bahasan ini sangat penting mengingat Tri Dharma perguruan Tinggi salah satunya adalah penelitian. Sementara penelitian sangat membutuhkan data statistik.

Nurhidayati mengulang penjelasan Dr. Safaa Najah Saud Al-Humairi tentang jenis-jenis tes yang bisa digunakan untuk menghitung hasil penelitian seperti mengetahui dampak, hubungan antar variable, dan perbandingan.

UMLA Hadirkan Guest Lecture Dosen MSU Malaysia Bahas Statistik 2

Suasana kuliah tamu virtual menghadirkan dosen MSU Malaysia (pojok kiri atas) Dr. Safaa Najah Saud Al-Humairi.

Masih menurut Nurhidayati, pemateri Dr. Safaa Najah Saud Al-Humairi juga memberikan contoh aplikasi yang digunakan untuk menghitung statistic seperti SPSS (program yang digunakan menghitung statistic), STATA (perangkat lunak statistika terintegrasi dan lengkap yang menyediakan berbagai fitur untuk analisis data, manajemen data, grafik) dan Analytica. Berikutnya juga dijelaskan tentang MiniTab (sebuah software statistika yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistika), serta website seperti GraphPad dan Microsiris.

Menariknya, lanjut Nurhidayati mahasiswa sangat antusias bertanya tentang topik tersebut. Misalnya semua program statistic yang digunakan paling efektif yang mana. “Kami berharap dari kuliah tamu ini mahasiswa UMLA semakin tambah wawasan serta pengetahuannya tentang statistic dalam penelitian ilmiah,” pungkas Nurhidayati. (rilis: humas umla