Contact us on (0322) 322356

Detail

Himasika Gelar UPhO-AlienZ di UMLA

Example blog post alt

Himpunan Mahasiswa Fisika (Himasika) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) telah mengadakan ajang perlombaan Umla Physics Olympiad (UPhO) dan Ajang LKTI Gen Z (AlienZ) pada hari sabtu tanggal 27/1/2024 di Auditorium Budi Utomo UMLA. Ajang perlombaan ini diikuti oleh siswa/siswi SMA/SMK/MA sederejat se-provinsi jawa timur.

Ketua pelaksana kegiatan ini -Heri Rismawan- menuturkan, jika ajang perlombaan ini merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (Himasika) UMLA. Kegiatan ini didasari atas minimnya sumber daya manusia yang berpengetahuan mendalam tentang fisika, sedangkan perputaran zaman menunjukkan jika saintis atau fisikawan sangat dibutuhkan pada masa ini.

Kak Heri-sapaannya- juga mengatakan jika ajang perlombaan UPhO dan AlienZ juga merupakan bentuk ikhtiyar Himasika dalam menggait siswa/siswi SMA untuk melanjutkan studinya di bidang ilmu fisika di Universitas Muhammadiyah Lamongan.

UPhO dilaksanan dua tahap yakni babak penyisihan secara online menggunakan sistem CBT dan babak final secara offline, begitu juga AlienZ yakni tahap review proposal dan sesi final presentasi. Sehingga didapatkan daftar Juara UPhO dan AlienZ sebagai berikut

List Juara UPhO

  1. Juara 1 – Mochammad Fajri Mahardika (SMA Plus Arrahmat Bojonegoro)
  2. Juara 2 – Muchamad Fadlulloh (SMA N 1 Sekaran)
  3. Juara 3 – Widolas Putra Pratama (SMA Plus Arrahmat Bojonegoro)

List Juara Alienz

  1. Juara 1 (SMA N 4 Surabaya)
  • Jessenia Najila Ransi
  • Rifania Syafitri
  • Adhika Putra Yahanda
  1. Juara 2 (SMA N 11 Surabaya)
  • Fitri Nur Azizia
  • Nadya Dwi Nur Aprilia
  1. Juara 3 (MAN 1 Lamongan)
  • Ayunda Puspa Fathma A.
  • Laili Syafaidah
  • Radhitya Raihan Tirtana

Selain itu, Wakil dekan fakultas sains teknologi dan pendidikan juga berharap jika ajang perlombaan UPhO dan AlienZ ini dapat terus berlanjut dari generasi ke generasi dan konsisten diadakan setiap tahunnya. (penulis: vanis aisyatul/al fain jalaludin ramadlan)