Contact us on (0322) 322356

Detail

KKN Internasional UMLA Ajari Swamedikasi Walimurid SB Kepong Malaysia

Example blog post alt

umla.ac.id KKN Malaysia Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) terus bergulir dengan program kerja edukasi dan sportif. Proker dimaksud dijelaskan dosen pembimbing KKN UMLA Malaysia, Dias Tiara Putri Utomo, M.Pd, bahwa salah satu mahasiswa internasional KKN Malaysia atas nama Rossy Fadia Putri dari Prodi S1 Farmasi UMLA melaksanakan prokernya di Sanggar Bimbingan (SB) Kepong.

 

Menurut Dias, dua proker yang dilaksanakan mahasiswa atas nama Rossy Fadia Putri, membantu kegiatan pembelajaran, juga melakukan beberapa kegiatan sesuai dengan program kerja KKN Internasional yang sudah disusun di Sanggar Bimbingan (SB) Kepong.

KKN Internasional UMLA Ajari Swamedikasi Walimurid SB Kepong Malaysia   1

Suasana sosialisasi swamedikasi oleh mahasiswa UMLA di SB Kepong Malaysia.

Kegiatan pertama, dikatakan Dias adalah pengenalan Swamedikasi yang dilaksanakan pada Jumat (2/9). Kegiatan bertempat di SB Kepong diikuti 20 wali murid SB Kepong.  

 

Detailnya, dijelaskan Rossy Fadia Putri acara ini bertujuan memberikan edukasi tentang pengobatan sendiri (swamedikasi) agar bapak/ibu wali murid cepat dalam menangani penyakit ringan pada diri sendiri dan anak.

Selaku pemateri, Rossy menggunakan media power point presentation (PPT) agar materi yang disampaikan jelas dan menarik. Dirinya juga memberikan kuisioner berupa pretest dan posttest tentang materi swamedikasi untuk mengetahui pengetahuan wali murid sebelum dan sesudah materi diberikan.

Hasilnya, Rossy menyebutkan diawal sebelum pemberian materi para peserta sama sekali belum mengetahui apa itu swamedikasi, namun setelah pemaparan materi mereka bisa mengetahui mengenai swamedikasi dan obat apa saja yang bisa digunakan.

KKN Internasional UMLA Ajari Swamedikasi Walimurid SB Kepong Malaysia   2

Walimurid SD Kepong malaysia antusias mengikuti paparan swamedikasi mahasiswa KKN UMLA.

Kegiatan kedua, kata Rossy  adalah peringatan Hari Olahraga Nasional ke 39 yang dilaksanakan pada (9/9) di Taman Layang-Layang Kepong. Sebanyak 23 murid SB Kepong turut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang hari olahraga nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September. Aktivitas yang dilakukan adalah senam kesegaran jasmani (SKJ), senam dengan lagu maumere dan lagu gembira berkumpul, serta flash mob dengan lagu Better When I Dancing.

 

Aktivitas pertama, lanjut Rossy  dengan melakukan pemanasan senam dengan lagu gembira berkumpul. Anak-anak terlihat sangat antusias ketika lagu flashmop dimainkan. Mereka ingin mengulang lagi lagu tersebut hingga akhirnya diputar dua kali.

Rossy akan kembali ke Indonesia bersama dengan mahasiswa UMLA lain pada tanggal 23 September 2022 setelah satu bulan berada di Malaysia.

Sementara itu, Pengelola SB Kepong, Salimah, mengatakan anak-anak merasa antusias dan senang karena kegiatan semacam ini baru pertama kali dilakukan di SB Kepong. Selain itu, karena dilakukan secara outdoor anak-anak merasa lebih bebas dalam beraktivitas. (rilis: humas umla