Contact us on (0322) 322356

Detail

Seri Kultum : Jangan pernah meremehkan amalan-amalan yang kecil

Jangan pernah meremehkan amalan-amalan yang kecil, menurut kita, karena belum tentu amalan kecil tersebut juga bernilai kecil menurut Allah.

Kita perlu amal shaleh untuk membeli tiket ke Surga, karena memang amal shalehlah yang akan memberatkan timbangan kebaikan kita menuju Surga, aamiin..bismillah.

Amalkanlah ucapan In Sya Allah (Jika Allah mengijinkan/Kehendak Allah), dalam setiap janji dan kontrak terhadap kegiatan apapun, jangan pernah mengatakan pasti besok aku lakukan atau besok aku akan datang dan lain-lain tanpa menyandingkan kata itu dengan kata In Sya Allah. Wallahualambishawwab.

Rasul Muhammad SAW, pernah menjanjikan akan turun wahyu besok saat ditanya tentang suatu hal oleh kaum Quraish, tetapi wahyu itu itu tidak pernah datang, kemudian turunlah malaikan Jibril untuk membawa peringatan dari Allah untuk Nabi Muhammad dapat dicermati di Al-Quran Surat Al-Kahfi, 23-24 yang artinya : Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu "bahwa aku akan mengerjakanya besok pagi", kecuali dengan menyebut In Sya Allah".

Seorang Rasul saja tidak bisa untuk memastikan sesuatu apalagi kita, maka sandingkanlah kata In Sya Allah dalam setiap janji kita dan kontrak kita dalam berkegiatan diwaktu yang akan datang dan bersungguh-sungguhlah terhadap kata tersebut untuk memenuhinya dan In Sya Allah, Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita semuanya..aamiin. bismillah.

(Intisari Kultum setelah shalat dhuhur masjid Kibagus Hadikusumo Universitas Muhammadiyah Lamongan, 02 September 2021).

Ustadz Tatag Satria Praja, M.Pd.