Contact us on (0322) 322356

Detail

Seri Kultum : Saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran

Example blog post alt

"Kita tidak akan pernah tahu akan kehidupan kita, baik yang akan kita jalani ataupun tentang kematian, sehingga apapun yang haru kita usahakan adalah kebaikan, meskipun hanya sedikit karena yang sedikit itu belum tentu juga sedikit nilainya dihadapan Allah, dan sebaliknya belum tentu yang menurut kita besar nilainya itu besar pula nilainya dimata Allah. Ikhtiarlah, berdoalah dan bertawakallah dalam kebaikan dan kebenaran..bismillah".

"Ada kisah di Zaman Rasul dimana, seorang sahabat yang buruk rupa, nasabnya tidak jelas dan juga miskin pastinya, ditanya sama Rasul SAW, mengapa tidak menikah? Beliau manjawab : "Siapa yang mau yaa Rasul?", Rasul langsung mengajak ke seorang pemimpin muslim yang mempunyai anak perempuan yang cantik jelita untuk dinikahkan, ibu dari si gadis tidak setuju tapi di anak perempuan berkata : kalau memang ini ketetapan Allah dan ketetapan Rasul apakah saya menolak?? Tetapi takdir berkata lain, sebelum menikah terjadilah perang dan sahabat ini meninggal dunia dalam perang"

"Saat Rasul bertanya apakah sahabat yang dimaksud meninggal? Sahabat yang lain mengatakan, tidak tahu, mengapa? Karena banyak orang mengganggap bahwa sahabat yang dimaksud bukan orang penting dan kurang bernilai dimata mereka karena keadaanya!, Maka Rasul mengatakan bahwa sahabatku itu adalah dekat denganku dan akupun dekat dengan sahabatku tersebut",  begitu bernilainya sahabat itu dimata rasul tanpa melihat keadaanya"

Pelajaran yang kita dapat dari kisah tersebur adalah :
1. Selalulah berbuat baik dan benar karena kita tidak akan tahu perbuatan kita yang mana yang dinilai Allah luar biasa, karena kita tidak akan tahu perbuatan itu nilainya kecil atau besar menurut Allah, karena penilaian kita
tidak bergelar tetapi berkualitas", (K.H. Hasan Abdullah Sahal). Berkualitas disini tentunya dinilai bagaimana ketaqwaanya, dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat..bagaimana hubungan kita dengan Allah dan bagaimana kita memperlakukan manusia lain.."Saya bisa menghargai manusia lain kalau manusia lain tersebut juga menghargai saya" (Security UMLa).
3. Sistem akan berjalan baik apabila saling terkait dan berkerjasama dan saling mendukung, karena tidak ada yang lebih penting, antara mesin, rangka motor, ban, cop-copan ban dan semuanya di motor ada, dan motor itu tidak ada kendala apapun..tapi businya dilepas motor itu juga tidak akan pernah berfungsi atau on..wallahualambishawwab.
4. Besarkanlah pondok, maka kamu akan menjadi besar dan kayakanlah pondok maka kamu akan kaya (K.H. Imam Zarkasyi). Bisa kita aplikasikan baik di masjid ataupun UMLa, besarkanlah Masjid dan UMLa maka kamu akan menjadi besar, kayakanlah dan makmurkanlah masjid dan UMLa makan kamu akan kaya dan akan makmur, bismillah..wallahualambishawwab. Monggo Memakmurkan Masjid kita..monggo bismillah.

#Saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran..bismillah.

(Intisari Kultum setelah shalat dhuhur, Masjid Ki Bagus Hadikusumo, Universitas Muhammadiyah Lamongan).

(Ustadz Tatag Satria Praja, SPd., M.Pd).