Contact us on (0322) 322356

Detail

UKM Jurnalistik UMLA Gelar Workshop, Untuk Mewujudkan Pers Mahasiswa

Example blog post alt

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik  Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) pada hari selasa (20/2) menggelar pelatihan jurnalistik untuk mewujudkan jurnalis muda dalam wadah pers kampus UMLA. Bahwa UKM Jurnalistik UMLA dibawah bimbingan Bagian Lesikom Admisi dan Promosi UMLA.

Hal ini dijelaskan Ketua Umum (Ketum) UKM Jurnalistik UMLA, Mochamad Fahrul Rossy disapa Rossy, usai mengikuti Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) dan Pelatihan Jurnalistik dengan anggota UKM Jurnalistik 2023-2024 di Kampus 1 UMLA.

Gelar Workshop, UKM Jurnalistik UMLA Wujudkan Pers Mahasiswa 1

Penyampaian materi oleh nara sumber tentang dasar menulis berita.

Menurut Rossy sebagai pemateri dalam pelatihan jurnalistik tersebut adalah Pimred tabloidmatahati.com, Doni Osmon, menyampaikan materi tentang penulisan straight news yang efektif. Mulai dari pembuatan judul, lead berita, gali ide, hingga closing suatu berita dan alur logika dalam penulisan berita.

“Kami sangat antusias setelah menerima materi dari nara sumber. Sebab penulisan efektif sangat sederna intin ya harus sering menulis dalam hal ini fokus pada setiap kegiatan UMLA sebagai branding kampus,” tandas mahasiswa asal Ngimbang Lamongan ini.

Gelar Workshop, UKM Jurnalistik UMLA Wujudkan Pers Mahasiswa 2

Penyerahan sertifikat dari UKM Jurnalistik UMLA pada nara sumber.

Rossy lantas menceritakan bahwa UKM Jurnalistik sempat non-aktif karena minimnya sumber daya insani yang dimiliki. Nah dari pelatihan jurnalistik ini diharapkan anggota UKM Jurnalistik tambah semangat untuk menulis dan produktif dalam karya jurnalistik. Sehingga UKM Jurnalistik UMLA bisa mewarnai pers mahasiswa di Lamongan.  

Itu sebabnya, kata Rossy ada konsep baru yang disung UKM Jurnalistik. Pertama, tim UKM Jurnalistik akan menempatkan setiap jurnalis pada pos. Maksud dari pos disini di sesuaikan dengan letak kampus dari setiap Jurnalis. Kampus 2, meliputi setiap kegiatan fakultas yang berada di kampus 2, yaitu Fakultas ekonomi dan Bisnis (FEB).

Sedangkan di Kampus 1, meliput setiap kegiatan fakultas yang berada di kampus 1,  yaitu Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan (FSTP), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), dan ada juga FEB di kampus 1.

Gelar Workshop, UKM Jurnalistik UMLA Wujudkan Pers Mahasiswa 3

Penyerahan cinderamata dari tabloidmatahatai.com kepada bagaian lesikom, admisi, dan promosi UMLA.

Kedua, setiap anggota akan mencatat semua kegiatan yang akan dilakukan baik di kampus 1 maupun kampus 2 dan akan bekerja secara super tim dan saling membantu satu sama lain apabila terjadi sebuah kesulitan.

Dan yang ketiga, UKM Jurnalistik akan melakukan kerjasama dengan seluruh Organisasi Mahasiswa (ORMAWA), UKM, dan Juga para dosen untuk meliput semua kegiatan yang ada pada UMLA.

“Alhamdulillah kami ucapkan, karena acara LDKM dan Pelatihan Jurnalistik ini selesai dengan lancar dan tuntas. Bismillah dengan usainya acara LDKM dan Pelatihan Jurnalistik ini kami bisa terus mengembangkan UKM Jurnalistik ini, karena LDKM dan pelatihan ini adalah langkah awal kami untuk berkembang dan menuju UKM yang maju,” tandas Rossy. (penulis: maulana fa’iq ash-shiddiqi/ukm jurnalistik umla)