Contact us on (0322) 322356

Detail

UMLA Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Ahmad Dahlan, FSTP UMLA Beri Beasiswa Bagi Juara

Example blog post alt

Menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kabupaten Lamongan, kali ini Olimpiade Ahmad Dahlan (OAD) akan diadakan di beberapa tempat dengan jenjang berbeda (25/2). Salah satunya di Fakultas Sains Teknologi Pendidikan (FSTP) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA). Menurut Dekan FSTP UMLA, Eko Handoyo, M.Kom, semua peserta OAD 2024 akan mendapatkan fasilitas untuk berkompetisi.

FSTP UMLA pada tahun ini menjadi panitia lokal OAD untuk jenjang SMA sederajat. Adapun kategori yang dikompetisikan ada empat mata pelajaran. Eko menyebutkan Matematika, IPA Terpadu, IPS Terpadu, dan ISMUBA (Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab). Semuanya akan dilaksanakan dalam satu hari mulai dari regristasi hingga pengumuman juaranya.

“Akan ada pemenangnya mulai dari juara satu hingga lima. Kemungkinan setelah dzuhur sudah babak final dan sore akan diumumkan.” terang Eko.

Tuan Rumah Olimpiade Ahmad Dahlan, FSTP UMLA Beri Beasiswa Bagi Juara 1

Suasana pembukaan Olimpiade Ahmad Dahlan di FSTP UMLA

Disebutkan Eko, ada sekitar 225 peserta yang akan bertanding di jenjang SMA. Sedangkan untuk jenjang di bawahnya seperti SMP/MTs dan SD/Mi akan dilaksanakan pada Maret di lokasi yang berbeda. Dari tiga jenjang tersebut diketahui panitia PDM Lamongan menyediakan total uang pembinaan untuk semua jenjang sebesar 33 juta rupiah.

“Khusus untuk di jenjang SMA, Rektor UMLA memberikan reward khusus untuk juara pertama yaitu dibebaskan biaya kuliah sampai lulus terutama di FSTP UMLA.” ujar Eko menyampaikan kembali amanah Rektor UMLA.

Tuan Rumah Olimpiade Ahmad Dahlan, FSTP UMLA Beri Beasiswa Bagi Juara 2

Suasana olimpiade di salah satu kategori OAD

Sebelum menutup, Eko juga menjelaskan latar belakang diselenggarakannya OAD. PDM Lamongan ingin memberikan wadah kompetisi yang baik bagi AUM pendidikan Muhammadiyah yang berjumlah hampir 300 sekolah. Selain itu juga ingin memberikan pengalaman yang terbaik bagi siswa untuk maju lebih unggul.

“Kami ingin memiliki sebuah kualifikasi baik terhadap siswa itu bahwa kami punya komitmen untuk memberikan kompetisi akademik yang baik dimana salah satunya olimpiade. Selain itu kami juga punya kompetisi non akademik seperti O2SN dan MLRC.” imbuh Eko.

Mewakili UMLA, Eko menyampaikan apresiasi yang tinggi karena telah memberikan kewenangan kepada UMLA untuk menjadi tuan rumah OAD di level SMA sederajat. UMLA berharap setiap tahunnya bisa memberikan kontribusi dalam hal ikut serta menyemarakkan dan menjadi panitia lokal OAD tahun berikutnya. (humas umla/hamara)