Contact us on (0322) 322356

Detail

UMLA RAIH HIBAH PKKM AFIRMASI 2021

Example blog post alt

UMLA News. Tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla)m berhasil mendapatkan hibah pada program kompetisi kampus merdeka ( PPKM) afirmasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal pendidikan tinggi, riset, dan teknologi (ditjen diktiristik). Yang diadakan pada pertengahan oktober dan kabar tersebut merupakan kabar yang sangat membanggakan bagi keluarga besar UMLA.

Menurut Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Lilin Turlina, SSiT, M.Kes sebagai Ketua Program kompetisi kampus merdeka (PKKM) Umla, dari jalannya seleksi kampus merdeka (PPKM) afirmasi ini sendiri sangat mendadak sekali karena informasi dari pak rector yang mendadak dari websitenya. Dan kampus mengajukan proposal ke diktinya memang ini dari PPKM ditujukan untuk PPS bukan PPN untuk PTSnya, dan kemarin dari hasil zoom dengan dikti itu sebenarnya ada PTS sekitar 4500 tetapi yg mendapatkan akun untuk mengikuti PPKM ini hanya 97 pts dari 97 pts ini hanya ada sekitar 80 sekian yg mengunggah proposal. setelah diseleksi ternyata yg lolos ini ada 70 untuk seleksi administrative , kemudian yg lolos untuk pendanaan hanya 69 pts dari sekian 97 yg mendapatkan akun.

Tanggapan beliau mengenai kabar ini karena berhasil . “ya Alhamdulillah sekali ya karena memang sebenarnya kemaren kan kita ada 2 hibah ya PPKM sendiri kemudian PPKM Afirmasi, kemaren yang PPKM itu kan Prodi Manajemen sama Prodi Perawat cuma yang lolos kan hanya Prodi Perawat dan Manajemen tidak dan ya Alhamdulillah nya di PPKM Afirmasi ini Manajemen masuk.

Dan untuk mendapatkan kompetisi (PPKM) ini ada syarat tertentu yaitu akreditasi ,dan sebenarnya untuk program PPKM Afirmasi ini ada 2 skill, dari pihak kampus sendiri mengikuti skill yang ke 2 karena jumlah mahasiswanya kurang dari 5000. kemudian untuk prodi yang diusulkan itu maksimal 3 prodi dengan akreditasi maksimal B, dan untuk Universitas UMLA sendiri masih C. kemaren pihak kampus mengusulkan beberapa Prodi yaitu Prodi Manajemen , Prodi Farmasi S1, dan Prodi Biologi. Dan bukan universal semua prodi tapi prodi tertentu, karena ada batasannya sendiri dari programnya universitas tetapi yg diajukan oleh universitas itu prodi mana saja yg memenuhi syarat. Dan untuk studi baru yang diajukan yaitu Studi program akuntansi.

Sedangkan untuk PPKM itu untuk implementasi MBKM ( Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Untuk mencapai 8 indikator kinerja utama tetapi PPKM Afirmasi ini dananya lebih kearah digitalisasi, digitalisasi dananya 70% dari total anggaran sedangkan yg 30% itu untuk MBKM jadi lebih sedikit untuk MBKM.MBKM nya yg di PPKM Afirmasi akan dilaksanakan di bina desa sama kelas kolaboratif, bina desa sama kelas kolaboratif lebih mengarah ke mahasiswa. Dan 50% untuk digitalisasi dan 50% untuk MBKM tapi ternyata dari dikti pada saat zoom ada 70% mengarah lebih kearah digitalisasi jadi untuk pengadaan mengarah ke intiteraktif sama laptop.

Dari merdeka belajar atau kampus merdeka untuk mahasiswa ada pertukaran pelajar dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ditentukan oleh kebijakan fakultas atau prodinya masing-masing. Dan nantinya dari kurikulum juga disediakan yang memahami prodinya masing-masing yang mau membuka mata kuliah, disinipun juga ditawarkan mahasiswa juga termasuk PPKM. IBu Lilin Turlina menyampaikan pesan untuk harapan kedepannya untuk UMLA yakni, “Harapan kedepannya menjadi lebih baik dengan Akreditasi minimal B untuk semua Prodi Universitas Muhammadiyah Lamongan”. Dalam wawancara melalui Whatsapp Rektor umla menyatakan bahwa hibah pkkm afirmasi tahun 2021 tidak mudah, hanya perguruan tinggi tertentu yang mendapatkan hibah tersebut, tentu hanya proposal yang memenuhi syarat yang sesuai kriteria pkkm afirmasi. program ini dengan fokus pada akselerasi digitalisasi unk perwujudan merdeka belajar kampus merdeka, sebagai kampus yang telah mendapatkan dua kali hibah mbkm ditahun ini tentu meunjukkan kredibilitas umla sebagai kampus yang berkualitas dan khusus terkait pkkm afirmasi kali ini dengan bantuan sarana digitial dengan televisi interaktif yang akan digunakan di kelas- kelas kolaboratif diharapakan mutu pembelajaran semakin baik. Umla sebagai universitas yang baru 3 tahun berdiri tentunya sangat dibutuhkan untuk mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi lain. Ujarnya. Rahmatia Mikakim/ Sulistiyowati.